Kegagalan ERP terjadi karena adanya penyebab. Berikut adalah beberapa penyebab gagalnya ERP :
- Waktu dan biaya implementasi yang melebihi anggaran
- Pre-implementation tidak dilakukan dengan baik
- Strategi operasi tidak sejalan dengan business process design dan pengembangannya
- Orang-orang tidak disiapkan untuk menerima dan beroperasi dengan sistem yang baru

2 comments:

apa yang dilakukan untuk mencegah kegagalan dari ERP?

Untuk mencegah terjadinya kegagalan dalam ERP,,kita harus memiliki langkah2 dalam melakukan pemilihan ERP.. Langkah2 tersebut adalah Knowledge,Experience, dan Selection Methodology.
Dimana :

- Knowledge adalah pengetahuan tentang bgmn cara sebuah proses seharusnya dilakukan, jika segala sesuatunya berjalan lancar

- Experience adalah pemahaman thdp kenyataan tentang bagaimana sebuah proses seharusnya dikerjakan dengan kemungkinan munculnya permasalahan.

Knowledge tanpa experience menyebabkan orang membuat perencanaan yang terlihat sempurna tetapi kemudian terbukti tidak bisa diimplementasikan.

Experience tanpa knowledge bisa menyebabkan terulangnya atau terakumulasinya kesalahan dan kekeliruan karena tidak dibekali dengan pemahaman yg cukup.

- Selection Methodology
Ada struktur proses seleksi yang sebaiknya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam memilih ERP.

Berikut ini adalah akivitas yg sebaiknya dilakukan sebagai bagian dari proses pemilihan software ERP: analisa strategi bisnis, analisa sumber daya manusia, analisa infrastruktur dan analisa software.

Jadi,,jika kita telah memiliki langkah2 tersebut diatas,,kemungkinan terjadi kegagalan yang besar akan dapat terhindari.

Post a Comment